Powered By Blogger

Sabtu, 12 Maret 2011

Divisi III Atau Diistimewakan ?

Permintaan FIFA supaya PSSI mengontrol LPI memberikan peluang kompetisi sepak bola gagasan Arifin Panigoro ini menjadi kompetisi resmi. Akan tetapi sekarang PSSI mempunyai ISL sebagai kompetisi teratas di Indonesia,lalu LPI akan di tempatkan di mana ?
Menempatkan LPI sejajar atau di atas ISL bisa menimbulkan masalah dan konflik karena klub-klub peseta ISL,Divisi Utama,dan divisi di bawahnya akan melakukan protes keras. Mereka tidak mau di rugikan,seperti yang di utarakan oleh Yusuf Bachtiar,Ketua Umum Persiba Balikpapan. Rencananya,PSSI akan menempatkan LPI di divisi III,namun hal itu di tolak oleh Konsorsium LPI karena mereka menilai LPI sudah profesional.
Renacana PSSI untuk enuntaskan dualisme kompetisi ini menumbuhkan harapan buat klub eks ISL yang bergabung ke LPI Bulan Januari lalu. Jika eksistensi LPI di akui PSSI maka klub seperti Persema,PSM,dan Persibo berharap status mereka sebagai klub terhukum akan terehabilitasi. Namun menurut PSSI itu masih tergantung oleh hasil rekonsiliasi dengan LPI karena PSSI masih belum tahustatus klub LPI masuk kategori profesional atau amatir. Menurut Yusuf Bachtiar,PSSI bisa menempatkan LPI sebagai Liga Profesional,peserta LPI harus memenuhi standar tertentu dengan persyaratan yang ketat. Dengan kata lain jika klub ISL ingin bergabung di sana harus di saring,ini mengindikasikan kalau Yusuf menginginkan LPI ada di atas ISL. Namun jika mengacu ke Statuta PSSI,LPI jelas harus berada di bawah Divisi III. Menyatarakan LPI dengan ISL pun juga tidak mungkin karena FIFA menginginkan Indonesia memiliki satu jalur kompetisi yang jelas mulai kasta terbawah sampaike divisi tertinggi. Membuat LPI sebagai Liga Profesional pun jenjangnya juga tidak jelas,karena untuk Liga Champion ASIA dan AFC CUP sudah mendapat pengasahan dari AFC akan di ambil dari Liga Djarum ISL. Sungguh sangat merepotkan.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More